Yogyakarta moment ! -- Tips and Trick --

Stasiun Tugu Yogyakarta +113m

Alhamdulillah .. akhirnya setelah beberapa bulan nggak ke jogja , tanggal 28 kemarin langsung mangkat , dan statusnya Bondo Nekad !
Lo , kenapa kok bondo nekat ? yyahh biasanya di temenin beberapa anak , namun kali ini berani berangkat sendirian . dengan modal uang hanya Rp 300.000,- saja . Bagi teman teman mungkin itu sudah lebih dari cukup , namun bagi saya masih agak ketar-ketir . hhehe ..

Dimulai perjalanan dari Terminal Arjosari , pukul 15.00 siang , langsung saja saya mengembat Bus Restu AC Tarif Biasa yang ada disana . Dengan merogoh kocek 11.500 , kita sudah bisa mendarat di Terminal Bungur Asih . Dalam perjalanan , saya mengobrol dengan teman perjalanan saya alias sebelah tempat duduk . Orangnya lagi pulang ke Surabaya , setelah kuliah di Malang , tepatnya di Universitas Brawijaya . Tiba di Bungur pukul 17.00 , diiringi segenap kemacetan . Namun , teringat kembali apabila perjalanan Surabaya-Yogyakarta selama 7 jam , maka bila saya berangkat pukul 17.00 , saya akan tiba di Yogya pukul 12 malam . dan apakah saya sanggup nunggu hingga jam 05.30 ?

Akhirnya saya molorkan waktu , sembari makan soto ayam yang super hambar .. karena isinya hanya kuah saja , di pojokan sebuah halte bis kota . Lumayan sih , buat ngganjel perut . Oke , daripada saya tiba di Yogya kesiangan , akhirnya saya memutuskan persiapan berangkat pukul 18.30 . Dan Bus yang masuk adalah MIRA , tentunya musim liburan banyak senggol senggolannya , dan perjalanan membalap pun di mulai !

Dari terminal Bungur asih hingga Giwangan , saya harus membayar sebesar 47.000 untuk sekali jalan , dan kebetulan juga .. di dalam bus itu hanya saya dan orang di belakang (cuma 2 orang) yang bertujuan ke Yogya . yang lain turun Maospati , Madiun , Nganjuk dan lain sebagainya . Sembari menunggu Bus MIRA tiba di tujuannya , saya mendengarkan celoteh dan cerita bapak sebelah saya . rupanya beliau bekerja di PT.Maspion Waru Sidoarjo .

Mulai bercerita dia harus pulang pergi tiap minggu ke Nganjuk , merogoh kocek untuk menemui keluarganya , dan pulang tiap sabtu-minggu dengan keadaan bus yang penuh sesak.
Setelah itupun , saya tertidur hingga terbangun di daerah Madiun . Tepatnya Ring Road Selatan . keadaan bus sudah sangat sepi sekali . hanya ada beberapa orang saja , waktunya kalau tidak salah sekitar pukul 23.00 . Saya lapar , dan memakan lumpia yang tadi saya beli di daerah Nganjuk .

Kemudian melewati Sragen , Solo dan Tibalah di Yogyakarta . Begitu bus MIRA berbelok di Terminal Giwangan , saya mengucap Alhamdulillah .. setidaknya kangen saya sudah terobati .
Dan saya harus segera men-charge Handphone untuk mengabari kerabat , sahabat dan saudara saya bahwa saya sudah tiba di Yogya . sembari minum teh hangat , mengingat keadaan yang sangat dingin , saya berjalan jalan mengelilingi giwangan sembari menunggu subuh .

Bus Sugeng Rahayu Body Discovery Masuk Giwangan
Dan akhirnya , saya sempatkan sholat tahajud di musholla pojok Terminal Giwangan . Dan sambil menunggu subuh , saya juga sempatkan tidur sambil duduk di sana , karena memang suasana yang sangat membosankan sembari menunggu subuh , dan ketika adzan subuh berkumandang , saya langsung segera sholat dan segera mandi pula , wuhuuu .. ternyata Yogyakarta airnya dingin juga . dan saya langsung bergerak menunggu di halte trans jogja , sembari melihat warung-warung yang baru saja buka . Pukul 05.30 bus datang dan segera mengantarkan saya menuju Malioboro .
Malioboro pagiiii

Alhamdulillah , begitu turun di Malioboro , saya di sambut oleh aroma gudeg dan soto khas jogja yang ada di samping kiri saya , apa boleh buat .. sikaaaaaaaaat .. :D
Dan pagi itu juga , langsung kangen saya terobati , belum berapa bulan saja , sudah pengen ke Jogjakarta lagi . dan memang benar , Yogyakarta memiliki daya magnet yang sangat kuat untuk berkunjung kesana lagi .
Lalu saya memutuskan untuk berhunting ria di PJL 3A-3B geser mangkubumi , sembari menunggu teman saya , si Jordi tiba di area Malioboro .
Prameks Kuning bersilang lok ka Bogowonto - PJL 3A-3B

The Landscape of PJL Geser Mangkubumi
Setelah puas berhunting ria dengan kamera pocket saya , saya harus ingat . bahwa saya akan menginap semalam disana , dan untungnya rombongan teman-teman saya yang berangkat sebelumnya , mengabarkan bahwa ada losmen yang super duper murah untuk di tempati para backpackers , dan alternatif jalannya sudah saya dapatkan . dan langsung meluncur ke tempat yang sudah ada . Namun , begitu saya meluncur kesana , tidak ada tanda-tanda satupun yang menunjukkan ada losmen murah , malah saya di tawari losmen sekamar dengan harga 190 ribu dengan kipas angin .. lahh ... kepriben -_-
Kemudian , saya bertemu dengan si Jordi dan bapaknya , yang sudah sangat klop dalam setiap tour saya , dan tentunya
Jordi - Jordi's Father - Me - RF Daop 1 Jak (Bilal R.Saputra)
Dan akhirnya , kebetulan sekali ketika Bapaknya Jordi mengatakan ada losmen murah tersebut , langsung saya minta di antarkan ke lokasinya . dan ternyata benar ! ada losmen seharga <100.000 untuk musim liburan yang sangat padat seperti ini .. dan memang ternyata losmen murah tersebut tidak nampak seperti losmen , tidak ada plang losmen , hanyalah beberapa kamar yang agak tersembunyi di dalam .

Setelah saya beristirahat sebentar , dan bersih diri , membersihkan sisa sisa bau bus yang super apek , saya berjalan kaki menuju Malioboro , melihat lihat kondisi Malioboro yang sangat ramai .
KA Sancaka Pagi berangkat Yogyakarta

KA Fajar Utama Yogyakarta gerakan langsir
Balapan nyokk ..

Bisa di bilang , Jogjakarta adalah satu kota yang luar biasa di mata saya .
Yogyakarta selalu menyimpan banyak kenangan , kenangan yang manis akan dikenang sepanjang hidup saya dan kelak akan saya ceritakan pada anak-anak saya .
terhitung 6 kali saya kesana , tidak pernah ada rasa bosan meskipun disana banyak sekali pengalaman yang kurang mengenakkan , mulai mencari penginapan yang susah , cari makan harus hujan-hujan dulu .
Tugu Jogja
Tapi saya sadari , bahwa itu adalah kenangan manis ketika saya pulang dari jogja . Dan ketika saya memainkan lagu khas dari Kla Project , saya merinding . suerrr merinding !

Terhanyut aku akan nostalgi..
Saat kita sering luangkan waktu ,
Nikmati bersama , suasana jogja ...

Lagu itu memang benar-benar ada keterkaitan mistis menurut saya , dengan suasana jogja yang tidak bisa dilupakan seumur hidup , meskipun hanya 2-4 hari disana . semua cerita saya tentang Jogja adalah manis , meskipun awalnya pahit . Manis , semanis gudeg jogja yang saya makan di jalan dagen setelah saya membeli bakpia pathuk , dan pengalaman pahit itu sepahit kopi yang biasa saya balik gelasnya di kopi joss pojokan jalan mangkubumi .

TIPS DAN TRIK MURAH KE YOGYAKARTA
Anda dari mana ?

-- Jakarta --
Naik kereta aja murah bro !
Bulan-bulan setelah April , Tiket KA ekonomi pada turun tuh , tapi kalau yang berdompet tebel naik eksekutif / bisnis tidak jadi masalah . Tiketnya nggak sampai 100 ribu kok untuk kelas ekonomi AC . tapi turunnya di lempuyangan :) jalan sedikit dari lempuyangan lewat Jl.Abu Bakar Ali dan nyebrang jembatan kali code , sampailah kita di titik pusat Yogyakarta . Malioboro . Atau bisa naik becak / kendaraan umum lainnya .

-- Malang & Surabaya --
Bisa naik bus yang murah dari Malang , contoh Rosal** In**h , atau transit ke Surabaya dulu .
Naik bus dari malang ekonomi : 13.000,- (perjalanan 3 jam) nanti di Surabaya naik bus semacam Mir* atau Sumb** Sela*** , tarifnya nggak sampai 60 ribu kok , kisaran 45-60 ribuan lah , perjalanan sekitar 7-8 jam . Atau yang mau enak dan dapat makan , naik bus Ek* , tarifnya 88 ribu (terakhir kali naik pas liburan segitu).
Atau naik kereta api , Ada KA Malioboro Ekspres dan KA Sancaka yang selalu menjadi unggulan turis kalau ke Yogya dari Malang atau Surabaya , tarifnya 90-190K untuk kelas eksekutif , dan 85-160K untuk kelas bisnis (Sancaka) / ekonomi AC komersial (malioboro ekspres).

Trick
- Pilih hari Selasa/Rabu jika ingin naik kereta api kelas komersial ! Harganya murah .
- Kalau ingin naik Bus dari Surabaya (yang juga naik bus dari Malang transit di Surabaya) pilihlah keberangkatan pagi hari / siang . apalagi pas liburan , jangan naik saat petang / malam hari . karena anda pasti akan rebutan tempat duduk.

Perjalanan saya , cerita saya .
Kapan anda jalan jalan ?
yukk .. cintai negerimu dengan jalan-jalan :)